Jumat, 05 November 2010

=FILM karya AKIRA KUROSAWA di universitas WIDYATAMA Bandung!

Time
Monday at 1:00pm - November 9 at 6:00pm
Location Universitas WIDYATAMA
Jl.Cikutra 204
Bandung, Indonesia
Created By
NUANSA the Japan Foundation, Jakarta
More Info PEMUTARAN FILM-FILM karya AKIRA KUROSAWA di universitas WIDYATAMA Bandung!
TERBUKA UNTUK UMUM. GRATIS. Teks Bahasa Inggris.

Sinopsis juga dapat dilihat di www.jpf.or.id ( NUANSA)

UNIVERSITAS WIDYATAMA
8-9 November 2010
Jl.Cikutra 204
Bandung
T.(022) 7271662

8 November|Senin 13:00 Film :”High and Low” (143 menit) | 15:30 Diskusi/ Film |
9 November|Selasa 13:00 "Film:”Judo Saga” (Sanshiro Sugata) (81 menit)|
14:30 Film: “Drunken Angel” 98 menit |

SINOPSIS

JUDO SAGA (SUGATA SANSHIRO)
Hitam putih / Standard / 1943 / 81 min (shortened version) / Toho/subtitle : Bahasa Inggris
Tahun 1882. Sugata Sanshiro, mengunjungi Saburo Kadoma untuk berguru. Seiring dengan kemajuan kemahirannya, perilakunya berubah menjadi kasar. Suatu hari Sanshiro bertarung dengan penjahat dengan cara salah. Teguran yang diterima membuatnya putusas. Ia menceburkan diri ke kolam dan akhirnya mendapat pencerahan spiritual ketika melihat bunga teratai mekar. Selanjutnya, Sanshiro mulai bertarung hingga akhirnya berduel memperebutkan hati Sayori Murai. hingga titik akhir.

Catatan:
Film KUROSAWA Akira pertama sebagai sutradara yang patut diperhitungkan dan menjadi pilihan film terbaik majalah kritik film ‘Eiga Hyoron’ dan memperoleh Yamanaka Awards (penghargaan bagi sutradara baru untuk mengenang Yamanaka Sadao, sutradara produktif di tahun 30-an yang meninggal di masa perang).

HIGH AND LOW (TENGOKU TO JIGOKU)
Hitam putih/skop/1963/144 menit (Toho, Kurosawa Production) /subtitle: bahasa Inggris
Gondo, dimintai uang tebusan untuk Shinichi, putra supirnya yang dikira sang penculik adalah putra Gondo. Namun, polisi diperdaya oleh penculik sehingga mereka sulit mendapat petunjuk di mana Shinichi disandera. Di sebuah alamat mereka justeru menemukan mayat yang tewas karena narkoba. Beruntung koper berisi uang tebusan yang dibawa kabur oleh penculik telah dilengkapi alat sehingga jika terbakar akan mengeluarkan asap.

Catatan:
Film yang berbeda karena mengandung masalah sosial serius dengan motivasi penculik yang iri terhadap kehidupan masyarakat kelas atas. Suspence mendebarkan ini dikreasikan dalam sikuens yang menjadi ciri khas KUROSAWA Akira.

DRUNKEN ANGEL (YOIDORE TENSHI)
Hitam putih/Standar/1948/98 menit (Toho) /Subtitle: bahasa Inggris
Di pinggiran Tokyo yang kumuh, berdiri “Klinik Pengobatan Sanada”. Matsunaga, preman yang dandy datang berobat untuk luka tembaknya. Ia juga tampak menderita TBC dan dirawat oleh dokter Sanada, karena tidak seorang keluarga pun mau merawatnya. Okada, ketua preman mantan kekasih Miyo, suster di klinik tersebut datang untuk merebut Miyo kembali, tetapi dokter Sanada dan Matsunaga melindunginya. Di dalam perkelahian itu Matsunaga menemui ajalnya.

Catatan:
Setelah perang dunia ke II berakhir, keadaan kota menjadi kacau. Kelompok mafia berkeliaran dan kota dikontrol oleh tentara yang dipulangkan dari medan perang. Hal ini melatarbelakangi film dengan tokoh yang berbeda dari film KUROSAWA sebelumnya. Dalam film ini, KUROSAWA membangun gaya semangatnya melalui penggunaan ekspresi dinamis namun tidak pernah kehilangan rasa keadilan dan humanisnya.


Foto : Drunken Angel 1984 (C) Toho.Co.Ltd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar